Home / Uncategorized / Rapat Evaluasi Pembelajaran Bahasa UPB Semester Genap Tahun Akademik 2018/2019

Rapat Evaluasi Pembelajaran Bahasa UPB Semester Genap Tahun Akademik 2018/2019

whatsapp-image-2019-06-24-at-09-08-24Dengan berakhirnya pembelajaran bahasa Arab dan bahasa Inggris yang ditandai dengan ujian atau final tes di akhir bulan Mei kemaren, maka diperlukan evaluasi untuk perbaikan dikemudian hari.

Rabu, 19 Juni 2019 bertempat di Kantor UPB, Pusat Sumber Belajar (PSB) pengelola UPB mengadakan rapat evaluasi terhadap pembelajaran bahasa Arab dan bahasa Inggris semester genap tahun akademik 2018/2019. Rapat dipimpin langsung oleh Kepala UPB, Dr. Ahmad Muradi dan dihadiri semua personelnya.

Menurut Kepala UPB, Tujuan rapat ini adalah untuk mengetahui bagaimana berjalannya pembelajaran bahasa baik secara teknis maupun akademik. Dari rapat tersebut diperoleh informasi bahwa pembelajaran bahasa berjalan cukup baik. Sebab, dari semua kelas/rombel dapat melaksanakan pembelajaran sampai ujian dapat dilaksanakan.

whatsapp-image-2019-06-24-at-09-08-23Di peroleh informasi, di antara masalah teknis yang didapati adalah terkadang terdapat pintu kelas yang lambat dibuka, penerangan ruang kelas yang terkadang tidak baik, lampu mati, hujan lebat sehingga totur dan mahasiswa terlambat datang, totur yang tidak masuk dan terlambat memberitahu pengelola untuk digantikan, pada saat mengajar, totur memakai sandal, di antara totur ada yang mengajar di luar jadwal tanpa memberitahu kepada personel UPB, dan lainnya. Untuk memecahkan masalah tersebut diperlukan: 1) komunikasi antara pengelola dan petugas pemegang kunci kelas harus dibangun dengan baik, 2) kepedulian totur untuk melaporkan masalah penerangan kepada pengelola agar diteruskan kepada yang berwenang di tingkat fakultas, 3) menanamkan kedisiplinan bagi totur dan mahasiswa, 4) menanamkan kepedulian totur terhadap tanggung jawabnya dalam pembelajaran. 5) menanamkan kerapian berpakain bagi totur, 6) menanamkan ketaatan terhadap peraturan bagi totur. Dan lain sebagainya.

Terhitung 19 Juni 2019, dari laporan pengelola pembelajaran bahasa bahwa semua totur sudah menyerahkan nilai tugas dan nilai lisan baik ujian tengah semester maupun ujian akhir semester kecuali satu orang totur bahasa Arab yang belum menyerahkan. Padahal pengelola sudah berusaha berkomunikasi, namun nomor telpon/Hp/Wa yang bersangkutan tidak aktif. Meskipun demikian, hasil pembelajaran bahasa tetap dijadwalkan di akhir juni untuk diumumkan.

whatsapp-image-2019-06-24-at-09-08-23-1Dari rapat ini diperoleh informasi, berdasarkan hasil pembelajaran bahasa semester genap tahun akademik 2018/2019 untuk pembelajaran bahasa Arab dari total mahasiswa sebanyak 2655 orang, yang lulus 2538 orang dan yang tidak lulus 117 orang. Sedangkan untuk pembelajaran bahasa Inggris dari total mahasiswa sebanyak 2842 orang, yang lulus 2667 orang dan yang tidak lulus 175 orang. Di antara penyebab mahasiswa tidak lulus karena rendahnya kemampuan bahasa, tidak memenuhi syarat mengikuti ujian karena ketidak hadiran melebih 10x pertemuan dan tidak aktif kuliah.

Bagi mahasiswa yang sudah menyelesaikan pembelajaran bahasa dan lulus semoga keterampilan bahasanya dapat ditingkatkan dan berguna dalam mengkaji ilmu pengetahuan yang lebih luas. Sementara bagi yang belum lulus, disilahkan mendaftar sesuai jadwal yang ditentukan dan lebih giat lagi belajar. (AM96).

Check Also

Mencari Instruktur Bahasa yang Mumpuni Tahun 2019

  Sebagaimana biasa mengawali tahun akademik baru ini Unit Pengembangan Bahasa UIN Antasari kembali melaksanakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *