Home / Uncategorized / Rektor Membuka Program Pembinaan Bahasa Kelas Unggulan Tahun 2019

Rektor Membuka Program Pembinaan Bahasa Kelas Unggulan Tahun 2019

img_8983Alhamdulillah, sesuai rencana pembukaan Program Pembinaan Mahasiswa Unggulan Bahasa Arab dan Inggris UIN Antasari tahun 2019 dapat dilaksanakan. Rabu, 3 Juli 2019 bertempat di Aula Zafri Zamzam Gedung Rektorat Lantai 3 UIN Antasari Banjarmasin.

img_9011Acara pembukaan ini langsung dihadiri oleh Rektor UIN Antasari Banjarmasin, Prof. Dr. H. Mujiburrahman, para dekan di lingkungan kampus, Tim pengajar bahasa dan para personalia UPB sendiri.

Dalam laporannya, kepala UPB, Dr. Ahmad Muradi, M. Ag menyampaikan bahwa program ini adalah program untuk angkatan IV bagi mahasiswa sejak tahun 2017.

Juga dalam sambutannya, Kepala UPB menyampaikan, dari proses seleksi minat mahasiswa mengikuti program ini cukup baik. Hal ini dapat diketahui dari jumlah pendaftar dan yang mengikuti tahapan tes. Tercatat sebanyak 28 orang masing-masing program bahasa. Dari 28 orang ini dipilih 20 orang.

img_9006Menurut kepala UPB, hasil seleksi perekrutan sangat membanggakan, yaitu dari tes toafl ada satu orang yang sudah memperoleh skor 500. Bahkan hasil tes toefl terdapat empat orang yang memperoleh skor lebih dari 500. Karena itu, skor ini merupakan awal yang sangat baik bagi pembinaan kebahasaan bagi mahasiswa.

 

Adapun para mahasiswa yang mengikuti program ini berasal dari berbagai fakultas. Pada program pembinaan bahasa Arab, mahasiswa yang berasal dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan sebanyak 10 orang, dari Fakultas Syariah 6 orang, dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam 1 orang, dari Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi 1 orang dan dari Fakultas Ushuluddin dan Humaniora 1 orang, jumlah total 19 orang. Sedang pada program pembinaan bahasa Inggris, mahasiswa yang berasal dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan sebanyak 13 orang, dari Fakultas Syariah 1 orang, dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam 5 orang, dan dari Fakultas Ushuluddin dan Humaniora 1 orang, jumlah total 20 orang.

 

img_9033Sementara itu Rektor dalam sambutannya sangat mengapresiasi program ini agar kualitas akademik kampus semakin maju. Beliau juga merasa bangga dengan hasil skor yang telah dicapai para peserta. Karena itu beliau menegaskan bahwa skor tersebut menjadi acuan apakah setelah program ini selesai adakah peningkatan atau bahkan skornya menurun. Maka kata beliau, para peserta harus bersungguh-sungguh dalam mengikuti program ini.img_9039

 

Dalam sambutannya, Rektor menawarkan (kalau memungkinkan) bagi peserta untuk belajar bahasa Arab bagi group bahasa Inggris dan sebaliknya bagi group bahasa Arab belajar bahasa Inggris walau satu kali dalam seminggu.

 

img_9051Juga Rektor menawarkan dan beliau tegaskan, tawar ini dapat dilaksanakan yaitu tambahan materi bagi peserta berupa pembinaan akademik lainnnya. Meskipun demikian materi tambahan ini harus dibicarakan dulu dengan pihak terkait. Dan terakhir, motivasi yang Rektor berikan bagi peserta adalah dari sekarang berlatih menulis atau academic writing, yakni menjadi penulis muda.img_9059

 

Dalam kesempatan ini juga hadir 39 orang mahasiswa pengikut perkuliahan bahasa Arab-Inggris. Dengan antusias, mereka menyimak apa yang disampaikan oleh kepala UPB dan Rektor UIN Antasari terkait dengan program yang mereka ikuti.

 

whatsapp-image-2019-07-03-at-20-01-41Tim pengajar dalam program pembinaan mahasiswa unggulan ini adalah Tim Pengajar bahasa Arab yaitu: Drs. H. Muhammad Amin Djamaluddin, MA., Bapak Dr. Taufiqurrahman, S. Ag., M. Ed. Dan bapak H. Sangaji Andi Setiawan, Lc, M. Pd. Tim Pengajar bahasa Inggris adalah Ibu Rahmila Murtiana, S.S, MA., Ibu Nurul Hidaya S.Pd., dan  Bapak Fatra Ramadani, M.Pd.

 

baku acuan kelas bahasa Arab adalah Al-‘Arabaiyyah Baina Yadaik oleh Dr. Abdurrahman bin Ibrahim Al-Fauzan, Jilid 2 diterbitkan oleh Yayasan Wakaf Islam – Saudi Arabia. Dan buku acuan kelas bahasa Inggris adalah Interchange Third Edition oleh Jack C. Richards, Jilid 3 diterbitkan oleh Cambridge University Press tahun 2011.

 

Program Pembinaan Mahasiswa Unggulan Bahasa Arab dan Inggris UIN Antasari  Tahun 2019 ini dilaksanakan dua tahap. Masing-masing tahap sebanyak 40x pertemuan. Tahap I dilaksanakan dari 4 Juli s.d. agustus 2019 dan tahap II dilaksanakan dari September s.d.  November.

 

Semoga hasil program pembinaan ini dapat bermanfaat bagi peserta agar mereka dapat mengembangkan pengetahuan yang sudah mereka miliki di kemudian hari melalui penguasaan bahasa Asing, bahasa Arab dan bahasa Inggris. Amin. (AM96)

Check Also

Mencari Instruktur Bahasa yang Mumpuni Tahun 2019

  Sebagaimana biasa mengawali tahun akademik baru ini Unit Pengembangan Bahasa UIN Antasari kembali melaksanakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *