Home / Uncategorized / Worskhop peningkatan kompetensi pembelajaran bahasa Arab bagi para dosen bahasa Arab di lingkungan PTKIN yang diselenggarakan oleh UIN Malang

Worskhop peningkatan kompetensi pembelajaran bahasa Arab bagi para dosen bahasa Arab di lingkungan PTKIN yang diselenggarakan oleh UIN Malang

whatsapp-image-2019-07-15-at-09-29-43-1Bahasa Arab sudah menjadi kebutuhan dan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang) sampai saat ini terus berkomitmen untuk mengembangkan pembelajaran bahasa Arab. Salah satunya melalui workshop.
whatsapp-image-2019-07-15-at-09-32-13Tak tanggung-tanggung, UIN Malang mendatangkan 3 pakar bahasa Arab langsung dari Saudi Arabia dalam worskhop peningkatan kompetensi pembelajaran bahasa Arab bagi para dosen bahasa Arab di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang diadakan Pusat Pengembangan Bahasa Arab UIN Malang.
Workshop kali ini diikuti perwakilan dari 20 PTKIN yang jumlahnya mencapai 60 peserta.
Kegitan yang berlangsung di ruang pertemuan gedung Rektorat Lt.4 itu berlangsung selama lima hari 8-12 Juli 2019.
whatsapp-image-2019-07-15-at-09-29-42Ketua Pusat Pengembangan Bahasa Abdul Hamid menyatakan, kegiatan ini sudah merupakan yang kesekian kalinya di UIN Malang.
Tiga pakar bahasa Arab yang didatangkan langsung dari Riyad Saudi Arabia itu antara lain Prof. Dr. Saleh Al Shithri, Dr. Muhamed al Amer, dan Dr Yaser al Budayye’.
“Kegiatan ini sekaligus untuk promosi kepada PTKIN, dan semua kegiatan ini dikomandani langsung oleh UIN Maliki Malang,” ucapnya.
Melalui workshop pembelajaran bahasa Arab ini, Abdul Hamid berharap UIN Malang yang dipercaya sebagai marcusuar pengembangan bahasa Arab bisa semakin baik lagi dan dosen pengampu bahasa Arab punya tanggung jawab untuk bisa mengupgrade sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan teknologi yang tengah berkembang.
“Kegiatan ini tidak hanya untuk dosen bahasa Arab di UIN Malang. Akan tetapi juga untuk menularkan ke beberapa dosen bahasa Arab di PTKIN,” tandasnya.
Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. M Zainuddin, MA dan Wakil Rektor Bidang Kerjasama Dr Uril Bahruddin menegaskan bahwa bahasa Arab sudah menjadi kebutuhan dan UIN Malang sampai saat ini terus berkomitmen untuk mengembangkan pembelajaran bahasa Arab.
Materi disampaikan oleh para narasumber secara interaktif. Materi disampaikan dengan berbahasa arab fusha dan menggunakan media power point.
whatsapp-image-2019-07-15-at-09-29-43Diantara materi yang disampaikan:
– Perbedaan antara iktisabullughah (pemerolehan bahasa) dan ta’allumullughah (belajar bahasa).
– Thariqah (metode) pengajaran Bahasa Arab= Thariqah Mubassyarah, Thariqah Ittishaliyyah, Thariqah Qawaid wat Tarjamah, Thariqah Sam’iyah Syafahiyyah, Thariqah Istiqaiyyah. Narasumber sangat menganjurkan setiap pengajar agar menguasi kitab “Idhaat”, karena di dalam kitab tersebut memuat metode-metode pengajaran Bahasa Arab, cara mengajarkan 4 keterampilan bahasa dan lainnya.
– 4 Keterampilan Bahasa= Istima’, Kalam, Qiraah, dan Kitabah. Narasumber sangat mengutamakan keterampilan kalam daripada keterampilan lainnya. Menurut Narasumber “Idza Lam Tatakallam lam Tata’allam” (Apabila engkau tak berbicara Bahasa Arab, maka engkau belum belajar)
– Unsur- unsur bahasa=Ashwat, mufradat, dan tarkib.
– Unsur belajar bahasa= Guru, Siswa, kitab/buku. Para pemateri merekomendasikan kita Al Arabiyyah Baina Yadaik digunakan dalam pembelajaran, karena mereka berpendapat buku tersebut sangat mudah untuk dipelajari.
– Permainan Bahasa
– Praktek mengajar bagi setiap peserta workshop.
Saran:
1. UPB UIN Banjarmasin perlu membuat visi misi dan tujuan pembelajaran Bahasa Arab dengan berdasarkan pada 4 keterampilan Bahasa dan menghidupkan/ mewajibkan berbahasa Arab di dalam kelas.
2. UPB UIN Banjarmasin perlu secara rutin mengundang Narasumber dari Timur Tengah agar memberikan semangat dan metodologi pengajaran Bahasa Arab bagi para dosen Bahasa Arab agar para dosen terbiasa berbicara Bahasa Arab dan memahami metodologi pembelajaran Bahasa Arab.
3. Perlu diciptakan lingkungan Wajib berbahasa Arab di kelas dan lainnya.

By. Salamat

Video Workshop peningkatan kompetensi pembelajaran bahasa Arab part 1

Video Workshop peningkatan kompetensi pembelajaran bahasa Arab part 2

Check Also

Mencari Instruktur Bahasa yang Mumpuni Tahun 2019

  Sebagaimana biasa mengawali tahun akademik baru ini Unit Pengembangan Bahasa UIN Antasari kembali melaksanakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *