Home / Uncategorized / Penandatanganan MoA dan tes TOAFL dan TOEFL dengan STAI Rakha Amuntai

Penandatanganan MoA dan tes TOAFL dan TOEFL dengan STAI Rakha Amuntai

Sebanyak 184 orang mahasiswa STAI Rakha Amuntai telah mengikuti tes TOAFL dan TOEFL pada tanggal 6-7 Februari 2021 yang lalu.  Kegiatan ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Unit Pengembangan Bahasa (UPB) STAI Rakha bekerja sama dengan Unit Pengembangan Bahasa  (UPB) UIN Antasari Banjarmasin.

Mengikuti test TOAFL dan TOEFL merupakan tahapan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa STAI Rakha Amuntai. Oleh karena itu, H. Yanoor Suriani, Lc. S.Pd.I., Kepala UPB STAI Rakha Amuntai mengucapkan terima kasih kepada UPB UIN Antasari Banjarmasin yang bersedia hadir ke STAI Rakha untuk mengawas dan menyeleggarakan tes tersebut.

UPB UIN Antasari mengutus delapan orang pengelolanya untuk melaksanakan sekaligus menjadi pengawas tes TOAFL dan TOEFL tersebut. UPB UIN Antasari Banjarmasin memang memiliki wewenang untuk menyelenggarakan test TOAFL dan TOEFL. Materi Tes TOAFL yang dimiliki oleh UPB UIN Antasari dibuat sendiri oleh para ahli bahasa Arab yang ada di UPB UIN Antasari. Mereka telah mengikuti pelatihan dan beberapa lokakarya terkait pembuatan materi TOAFL tersebut. Di samping itu, UPB UIN Antasari juga menyelenggarakan tes TOEFL Institusional maupun prediction.

Pada kesempatan itu, UPB UIN Antasari dan UPB STAI Rakha Amuntai melanjutkan kerjasama yang selama ini telah terjalin. Pada tanggal 7 Februari 2021 dilakukanlah penandatangan MoA antara kedua belah pihak.

H. Yanoor Suriani, Lc. S.Pd.I., mengharap kerja sama ini akan lebih meningkat lagi, tidak hanya kerja sama dalam melaksanakan tes TOAFL dan TOEFL, namun juga jalinan kerja sama dalam penyediaan pelatihan pembuatan soal dan pelatihan sumber daya manusianya.

Harapan itu disambut baik oleh Kepala UPB UIN Antasari Banjarmasin, Dr. Ahmad Muradi, M.Ag. berharap kerja sama yang sudah terjalin selama ini dapat berlanjut kepada peningkatan kerja sama yang lebih luas lagi.

Kedua pimpinan lembaga bahasa ini pun berharap, mahasiswa memiliki score yang maksimal dalam tes TOAFL dan TOEFL kali ini, agar kemampuan berbahasa asing di kalangan mahasiswa PTKI dapat meningkat dan berkualitas.

Penulis,

Jamal Syarif

Check Also

Tatib dan Teknis Pelaksanaan UTS Semester Genap Tahsin Al-Qur’an, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris UPB Tahun Ajaran 2020/2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *