Home / Uncategorized / Program Unggulan Kelas Bahasa Asing Tahun 2021 Resmi Dibuka

Program Unggulan Kelas Bahasa Asing Tahun 2021 Resmi Dibuka

Sempat tidak terlaksana program unggulan ini di tahun 2020, kembali Unit Pengembangan Bahasa UIN Antasari dapat melaksanakannya.

Ditandai dengan acara pembukaan Program Pembinaan Mahasiswa Unggulan Bahasa Arab dan Inggris UIN Antasari tahun 2021 yang dilaksanakan pada Rabu, 7 Juli 2021 secara daring via zoom.

Acara pembukaan ini langsung dihadiri oleh Rektor UIN Antasari Banjarmasin, Bapak Prof. Dr. H. Mujiburrahman, Wakil Rektor I bapak Dr. H. Hamdan, M. Pd., Wakil Rektor II Bapak Dr. H. Sukarni, M. Pd., Tim pengajar bahasa dan para personalia UPB sendiri.

Dalam laporannya, kepala UPB, Dr. Ahmad Muradi, M. Ag menyampaikan bahwa program ini merupakan upaya meningkatkan kompetensi akademisi mahasiswa yang memenuhi kualifikasi unggul. Di antara kualifikasi unggul adalah menguasai bahasa asing (Arab dan Inggris). Karena itu materi program ini terkait dengan penguasaan keterampilan berbahasa terutama speaking/kalam, reading/qiraah, writing/kitabah dan toefl/toafl yang akan dipelajari sebanyak 40x pertemuan.

Dari proses seleksi minat mahasiswa mengikuti program ini cukup baik. Hal ini dapat diketahui dari jumlah pendaftar dan yang mengikuti tahapan tes. Tercatat sebanyak 49 pendaftar program bahasa Inggris dan 45 pendaftar program bahasa Arab. Dari masing-masing program bahasa dipilih 20 orang.

Menurut kepala UPB, hasil seleksi perekrutan sangat membanggakan, yaitu dari tes toefl ada satu orang yang sudah memperoleh skor 503 dan dari tes toafl, satu orang yang sudah memperoleh skor 513. Karena itu, skor ini merupakan awal yang sangat baik bagi pembinaan kebahasaan bagi mahasiswa.

Berdasarkan data dari bapa Jamal Syarif, M. Ag. Selaku kepala seksi Pelatihan Bahasa, para mahasiswa yang mengikuti program ini berasal dari berbagai fakultas baik program pembinaan bahasa Inggris dan bahasa Arab. Program ini berjalan dari 5 juli sampai 3 September 2021.

Rektor dalam sambutannya sangat mengapresiasi program ini agar kualitas akademik kampus semakin unggul. Beliau berpesan kepada semua yang hadir, terutama kepada mahasiswa peserta program ini agar berusaha menguasai bahasa asing agar dapat memiliki wawasan global sesuai dengan filosofis keilmuan yang dipegang UIN Antasari Banjarmasin.

Prof. Mujib menyampaikan bahwa dengan program ini, kemampuan bahasa asing mahasiswa UIN Antasari akan lebih baik agar dapat meneruskan pendidikan ke strata yang lebih tinggi melalui program beasiswa S2 dan S3 dalam dan luar negeri, Maka kata beliau, para peserta harus bersungguh-sungguh dalam mengikuti program ini.

Menurut pantauan kehadiran di link zoom, juga hadir 40 orang mahasiswa peserta bahasa Inggris dan Arab. Dengan antusias, mereka menyimak apa yang disampaikan oleh kepala UPB dan Rektor UIN Antasari terkait dengan program yang mereka ikuti.

Adapun tim pengajar dalam program pembinaan mahasiswa unggulan ini adalah Tim Pengajar bahasa Inggris adalah Arif Rahman, M. Tesol,. dkk. Sedang Tim Pengajar bahasa Arab yaitu: Mardhiya Agustina, S. Th.I, M. Pd., dkk.

Harapan dan tujuan program pembinaan ini semoga penguasaan bahasa Asing mahasiswa dapat meningkat dan bermanfaat bagi studi mereka di kemudian hari. Amin. (AM96)

Check Also

TEKNIS PENDAFTARAN TAHSIN AL-QUR’AN, BAHASA ARAB DAN BAHASA INGGRIS BAGI MAHASISWA BARU (JALUR SPAN DAN UM-PTKIN) TAHUN AKADEMIK 2021/2022

Kepada Yth.,                  Seluruh Mahasiswa (i) Calon Peserta Pembelajaran Tahsin al-Qur’an, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *