Home / Uncategorized / Perkuliahan Tahsin Alquran UPB Berakhir

Perkuliahan Tahsin Alquran UPB Berakhir

whatsapp-image-2019-01-02-at-08-17-16Akhir bulan Desember 2018 merupakan hari-hari sibuk mahasiswa. Bagaimana tidak? Mereka berjibaku dengan perkuliahan aktif di akhir semester dan diakhiri dengan ujian-ujian. Demikian pula dengan perkuliahan Tahsin Alquran bagi mahasiswa semester Satu tahun 2018. Mereka telah melewati perjalanan panjang untuk mencapai hari-hari terakhir perkuliahan, yaitu sebanyak 40/41 pertemuan. Lalu kemudian mereka harus mengikuti ujian atau disebut juga dengan ‘munaqasyah’.

whatsapp-image-2019-01-02-at-08-17-16-1Berbeda dengan perkuliahan lainnya. Jika perkuliahan pada umumnya yang menjadi pengujinya adalah dosen yang bersangkutan. Namun, Tahsin Alquran dengan metode ‘Tilawaty’ hal demikian tidak berlaku. Metode ini memiliki system sendiri, yaitu untuk ujian yang menjadi penguji atau ‘munaqisy’ adalah tim Tilawaty cabang Banjarmasin. Tim yang diketuai Ibu Rahimah, S. Ag. Ini menerjunkan 9 orang munaqisy untuk hari pertama, dan 10 orang munaqisy untuk hari kedua.

whatsapp-image-2019-01-02-at-08-17-16-2Mengapa harus dua hari dilaksanakannya munaqasyah ini? Sebab dari jumlah mahasiswa sebanyak 600 orang yang mengikuti Tahsin Alquran ini mengharuskan pelaksanaannya dibagi dua, hari pertama dan kedua masing-masing 300 mahasiswa.

Hari pertama munaqasyah Tahsin Alquran ini dilaksanakan pada Jumat, 14 Desember 2018 dan hari kedua dilaksanakan pada Sabtu, 15 Desember 2018.

Alhamdulillah, munaqasyah berjalan dengan baik. Semoga usaha yang telah dilakukan dalam rangka mencetak mahasiswa yang pandai membaca Alquran terwujud dengan program yang terbilang perdana di UIN Antasari. Amin. (AM96)

Check Also

Tes Toafl-Toefl di STAI Rakha Amuntai

Bismillah… Meski baru menandatangi Memorandum of Agreement (MoA) antara UPB UIN Antasari dan UPB STAI …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *