Home / Uncategorized / Imtihan Niha’i Pembelajaran Bahasa Arab A dan B

Imtihan Niha’i Pembelajaran Bahasa Arab A dan B

Awal bulan Desember 2019, Unit Pelaksana Teknis Unit Pengembangan Bahasa (UPT. UPB) UIN Antasari disubukkan dengan pelaksanaan ujian-ujian. Diantaranya adalah imtihan niha’i pembelajaran intensif bahasa Arab A dan B. Ujian ini dilaksanakan antara 27 November-4 Desember 2019) adalah imtihan syafahi dan Sabtu, 7 Desember 2019 adalah imtihan tahriry.

Sebanyak 95 kelas, yang masing-masing berisi antara 30-36 mahasiswa melaksanakan ujian akhir tersebut. Di mana sebelumnya para mahasiswa belajar secara intensif dengan 36 kali pertemuan plus 6 hari ujian (ujian tengah semester dan ujian akhir semester), mereka menerima materi dari para pengajar yang berpengalaman.

Berbicara tentang materi pembelajaran, semester ini, 95 kelas tersebut dibagi tiga kelompok besar, yaitu kelompok 1 sampai dengan 17 menggunakan buku al-Arabiyah al-Mufrihah juz 2 dan kelompok 18 sampai dengan 94 menggunakan buku al-Arabiyah al-Mufrihah juz 1.  Dan 1 kelas menggunakan buku al-Arabiyah al-Mufrihah juz 3. Kedua kelompok besar ini masuk dalam level pembelajaran bahasa Arab A dan 1 kelas masuk level pembelajaran bahasa Arab B.

Dengan berkat kerjasama dari berbagai pihak terutama para pengajar yang sekaligus sebagai pengawas, ujian akhir ini berjalan dengan aman, lancar dan terkendali. Meski tidak dapat dipungkiri bahwa ada sebagian kecil mahasiswa yang berhak mengikuti ujian namun tidak hadir karena sakit dan izin. Oleh sebab itu, mereka yang berhak ikut ujian dan belum bisa hadir mengikuti ujian akhir tertulis bisa mengikuti ujian tertulis susulan pada Sabtu, 14 Desember 2019. (AM96)

Check Also

Media online sangat penting bagi pengajar untuk menghadapi era pademi covid 19

Era pandemic covis 19 secara langsung mempengaruhi semua aspek kehidupan, khususnya bidang pendidikan, pembelajaran yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *