Konsorsium UPB

Jum’at 25 Oktober 2019, bertempat di lantai 4 gedung Rektorat Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, diselenggarakan pertemuan tahunan konsorsium kepala Pusat Pengembangan Bahasa PTKIN se-Indonesia. Acara ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Kerjasama Dan Pengembangan Lembaga Dr. Uril Bahruddin.
Dalam sambutannya, Dr. Uril Bahruddin mengutip kata-kata Nadim Makarim, Mendikbud yang baru dilantik oleh Presiden Joko Widodo beberapa hari sebelumnya, bahwa dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 ini yang sangat penting untuk dipelajari diantaranya adalah bahasa Inggris. Meskipun menurut Dr. Uril secara umum dapat difahami juga termasuk bahasa asing lainnya seperti bahasa Arab. Sehingga, ini sejalan dengan semangat PPB atau UPB dalam mengembangkan dan memberikan pelayanan bahasa asing kepada mahasiswa di lingkungan PTKIN.
Pertemuan ini dikomandoi oleh kepala Pusat Pengembangan Bahasa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Dr. H. M. Abdul Hamid, MA., dan dihadiri oleh perwakilan dari 15 UIN, 16 IAIN, dan 1 STAIN. Pusat Pengembangan Bahasa UIN Antasari Banjarmasin mengutus Arif Rahman Hakim, S.Hum., M.Pd., Kepala Divisi Pengembangan Kurikulum, SDM, dan Laboratorium, untuk berhadir dalam acara ini.
Diantara hasil pertemuan ini adalah penetapan kembali ibu Nurul Azkiah, Ph.D., Ketua Pusat Pengembangan Bahasa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, sebagai ketua Konsorsium priode 2020-2024. Dan diantara isu-isu yang dibicarakan serius adalah tantangan pembelajaran bahasa asing di tengah kecanggihan tekhnologi AI yang mampu menterjemahkan bahasa apapun dengan akurasi yang melebihi 90 %. Juga kebutuhan akan program BIPA di beberapa PTKIN yang sudah menerima mahasiswa asing di kampusnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.