PERKULIAHAN BAHASA KELAS UNGGULAN TAHUN 2018 dimulai…

img_6303

Mengawali kegiatan pasca lebaran Idul Fitri tahun 1439 H/ 2018 M, UPB melaksanakan Pembukaan Program Pembinaan Mahasiswa Unggulan Bahasa Arab dan Inggris UIN Antasari tahun 2018 yaitu pada Senin, 25 Juni 2018 bertempat di Aula Zafri Zamzam Gedung Rektorat Lantai 3 UIN Antasari Banjarmasin.

img_6305img_6345

Acara pembukaan ini langsung dihadiri oleh Rektor UIN Antasari Banjarmasin, Prof. Dr. H. Mujiburrahman, Wakil Rektor bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dr. H. Hamdan, M. Pd. Juga hadir para dekan di lingkungan kampus dan undangan lainnya, serta para personalia UPB sendiri.

img_6334

Dalam laporannya, kepala UPB, Dr. Ahmad Muradi, M. Ag menyampaikan bahwa program ini adalah program kedua yang sebelum dilaksanakan pada tahun 2017.

Juga dalam sambutannya, Kepala UPB menyampaikan, UPB selalu berusaha untuk perbaikan-perbaikan kualitas yang dibuktikan dengan perbaikan dari berbagai aspek. Misalnya standar minimal kemampuan bahasa yang belum terukur secara baik, kemampuan tenaga pengajar yang belum maksimal, bahan ajar yang belum terstandar dan lain sebagainya. Juga input kemampuan bahasa mahasiswa yang bervariasi. Dari level sangat dasar hingga level tinggi. Yang meskipun kita laksanakan perkuliahan selama dua semester bagi mahasiswa yang kemampuan bahasanya level sangat dasar, belum bisa meningkat kemampuan bahasa mereka karena berbagai faktor. Tetapi Kalau kita mengarah perhatian kepada para mahasiswa yang kemampuan bahasanya level tinggi tidaklah sedikit. Dan sebagai buktinya, hari ini mereka sebanyak 40 orang dibagi menjadi dua kelompok, (satu kelompok untuk bahasa Arab dan satu kelompok bahasa Inggris. Mereka adalah mahasiswa pilihan yang telah berhasil kami seleksi dari berbagai aspek, yaitu wawancara, nilai akhir perkuliahan intensif bahasa Arab/Inggris, dan pernyataan komitmen.

Sementara itu Rektor dalam sambutannya sangat mengapresiasi program ini agar kualitas akademik kampus semakin maju. Beliau juga menegaskan tentang tiga fungsi UPB yang harus direpetalisasi, yaitu pertama, memberikan pelatihan bahasa. Pelatihan bahasa ini meliputi bahasa Arab, Inggris, dan bahasa Indonesia bagi Penutur Asing. Kedua, melaksanakan tes terstandar. Untuk fungsi kedua ini, UIN Antasari sudah melakukan kerjasama dengan Leipzig University dan Jamiah Elektroniyah Su’udiyah. Tentunya kerjasama ini untuk mendukung fungsi UPB. Dan ketiga, Penerjemahan. Maksud yang ketiga ini adalah menerjemahkan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI), Ijazah, dan buku-buku berbahasa Asing.

Adapun terkait dengan pembinaan bahasa asing bagi mahasiswa unggulan, beliau berpesan agar para mahasiswa pengikut program ini untuk bersungguh-sungguh mengikuti pembelajaran untuk mencapai tujuan yang maksimal. Karena dengan menguasai bahasa asing akan terbuka kesempatan dan langkah untuk memperoleh beasiswa. Karena beasiswa di luar sana sangat banyak, namun pesertanya sedikit disebabkan kurangnya kompetensi yang dimiliki terutama aspek kompetensi bahasa. Bahkan beliau menambahkan “bila Anda menguasai bahasa asing, maka masa depan ada di tangan Anda.

img_6386img_6382

Dalam kesempatan ini juga hadir 40 orang mahasiswa pengikut perkuliahan bahasa Arab-Inggris. Dengan antusias, mereka menyimak apa yang disampaikan oleh kepala UPB dan Rektor UIN Antasari terkait dengan program yang mereka ikuti.

Adapun indikator kompetensi Lulusan adalah Memiliki pemahaman yang komprehensif tentang tata bahasa Arab dan Inggris, Terampil menyimak pesan atau ide bahasa Arab dan Inggris yang diperdengarkan dengan efektif, Terampil berbicara bahasa Arab dan Inggris dengan lancar, Terampil membaca teks bahasa Arab dan Inggris dengan lancar, Terampil menuliskan teks/wacana bahasa Arab dan Inggris dengan efektif, Terampil menerjemahkan teks/wacana bahasa Arab dan Inggris ke dalam Bahasa Indonesia dengan efektif.

Untuk mencapai dan memperoleh standar kompentensi lulusan program pembinaan dan pengembangan akademik bagi mahasiswa unggulan Arab UIN Antasari ini akan dijabarkan secara tersendiri dalam sillabus dan Satuan Acara Pembelajaran (SAP) dengan menggunakan baku acuan kelas bahasa Arab adalah Al-‘Arabaiyyah Baina Yadaik oleh Dr. Abdurrahman bin Ibrahim Al-Fauzan, Jilid 2 diterbitkan oleh Yayasan Wakaf Islam – Saudi Arabia. Dan buku acuan kelas bahasa Inggris adalah Interchange Third Edition oleh Jack C. Richards, Jilid 3 diterbitkan oleh Cambridge University Press tahun 2011.

img_6348img_6349img_6364

Tim Pengajar bahasa Arab yaitu: Drs. H. Muhammad Amin Djamaluddin, MA., Bapak Drs. Akhmad Dairobi, Dr. Taufiqurrahman, S. Ag., M. Ed. Tim Pengajar bahasa Inggris: Rahmila Murtiana, S.S, MA., RasmaAfifah, S.Th.I, S.Pd., M.Pd.I., Arif Rahman, M. Tesol

Program Pembinaan Mahasiswa Unggulan Bahasa Arab dan Inggris UIN Antasari  Tahun 2018 ini dilaksanakan dua tahap. Masing-masing tahap sebanyak 42x pertemuan. Tahap I dilaksanakan dari akhir juni s.d. agustus 2018 (mulai 26 Juni esok) dan tahap II dilaksanakan dari September s.d. awal November

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya