Home / Uncategorized / Unit Pengembangan Bahasa (UPB) UIN Antasari Banjarmasin melakukan penjajakan awal mengenai pembelajaran Tahsin dengan Metode Tartily Banjary

Unit Pengembangan Bahasa (UPB) UIN Antasari Banjarmasin melakukan penjajakan awal mengenai pembelajaran Tahsin dengan Metode Tartily Banjary

Unit Pengembangan Bahasa (UPB) UIN Antasari Banjarmasin melakukan penjajakan awal mengenai pembelajaran Tahsin dengan Metode Tartily Banjary. Acara ini dihadiri oleh Tim Metode Tartily Banjary dan personalia UPB bertempat di kantor UPB UIN Antasari Banjarmasin. Dalam sambutannya, Ketua UPB, Dr Fatwiah Noor, Lc., M.Pd., menjelaskan bahwa UPB sudah melaksanakan pembelajaran Tahsin selama 3 tahun sejak tahun 2018 hingga akhir tahun 2021. Pembelajaran Tahsin ini akan terus berlanjut, dan UPB terbuka untuk mengadopsi metode lain yang dapat digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran Tahsin Al-Qura’an.
Tim Metode Tartily Banjary yang diwakili oleh Ustadz Fakhrie Hanief mempresentasikan metode yang dimaksudkan. Beliau menjelaskan bahwa metode ini bertujuan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam belajar membaca Al-Qur’an. Oleh karena itu, penyusunan metode ini menggunakan pendekatan saintifik, yakni metode _sam’iyyah syafahiyyah dan konsep Quantum Learning. Motto dari metode yang diterapkan adalah Pas bacaan sesuai tajwid, Nahap pelafalannya dan Seirama lagunya. Hal ini pun dipandang bersentuhan dengan kearifan lokal orang Banjar.
Pertemuan ini menjadi bahan pertimbangan untuk melakukan variasi pembelajaran Tahsin Al-Quran di UPB UIN Antasari Banjarmasin. Selama ini, UPB berfokus dengan satu metode yakni metode Tilawati yang telah digunakan sejak awal dilaksanakannya pembelajaran Tahsin Al-Quran. Dengan hadirnya penjajakan awal ini, maka UPB mempunyai beberapa referensi penggunakan metode yang akan digunakan di semester Genap tahun akademik 2021-2022 ini. (TN)

Check Also

Pengumuman Perkuliahan Bahasa Arab B dan Bahasa Inggris B Non Reguler TA. 2021/2022

Pendaftaran Pembelajaran Bahasa Arab B dan Bahasa Inggris B Non Reguler Tahun Akademik 2021/2022 klik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *