UPB UIN Antasari Banjarmasin laksanakan benchmarking ke UPN “Veteran” Jawa Timur, UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, dan UIN UIN Sunan Kalijaga (UINSUKA) Yogyakarta

UPB UIN Antasari Banjarmasin laksanakan benchmarking ke UPN “Veteran” Jawa Timur, UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, dan UIN UIN Sunan Kalijaga (UINSUKA) Yogyakarta post thumbnail image

Banjarmasin – Tingkatkan layanan mutu akademik Kepala Unit Pengembangan Bahasa (UPB) UIN Antasari Banjarmasin laksanakan benchmarking ke UPN “Vetaran” Jawa Timur, UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, dan UIN Sunan Kalijaga (UINSUKA) Yogyakarta (11-15/12/22).

Kepala Unit Pengembangan Bahasa (UPB) UIN Antasari Banjarmasin Dr. Fatwiah Noor, Lc., M.Pd dalam kunjungannya di dampingi Fathurrahman Sholihin, S.Kom menjelaskan, bechmarking dilakukan ke beberapa Universitas terbaik untuk melihat bagaimana pelaksanaan layanan kepada Mahasiswa guna sebagai acuan dalam peningkatan layanan mutu akademik lingkungan UIN Antasari Banjarmasin khususnya Unit Pengembangan Bahasa.

Kunjungan pertama Unit Pengembangan Bahasa (UPB) UIN Antasari dilaksanakan ke UPN “Veteran” Jawa Timur. Dalam kunjungan ini ada beberapa hal penting yang dibahas tentang layanan mutu akademik diantaranya TOEFL (Test of English as Foreign Language) mencakup standarisasi tes dan pembuatan sertifikat, pembahasan pembelajaran intensif, dan pelaksanaan tes terkait pembelajaran Unit Pengembangan Bahasa.

Pada kunjungan kedua dilaksanakan ke UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya. Kepala UPB UIN Antasari dalam kegiatan ini menyampaikan kunjungan ini sangat perlu dilakukan untuk menjaga silaturahmi dan tentunya sebagai studi banding untuk meng-upgrade ilmu tentang pelaksanaan layanan akademik Unit Pengembangan Bahasa yang ada pada UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya. Dalam kunjungan ini ada beberapa poin pembahasan yang dapat diadopsi dan diadaptasikan diantaranya tentang semua layanan yang berbasis aplikasi (online), adanya rekomendasi kerjasama LPDP dengan Program Persiapan Studi Lanjut (PPSL) dan Program Pengembangan Bahasa Arab (PPBA) di Kemenag, dan tes Bahasa Arab yang bekerja sama dengan Leipzig Jerman.

UIN Sunan Kalijaga (UINSUKA) Yogyakarta merupakan kunjungan ketiga benchmarking UPB UIN Antasai Banjarmasin. Kepala UPB UIN Antasari Banjarmasin Dr. Fatwiah Noor, Lc,. M.Pd disambut langsung oleh Kepala dan Sekretaris Pusat Bahasa UINSUKA. Kegiatan bechmarking dilaksanakan secara santai dan formal di ruang Kepala Pusat Bahasa UIN Sunan Kalijaga (UINSUKA) Yogyakarta. Pada kesempatan tersebut Kepala Pusat Bahasa UINSUKA memberikan beberapa informasi penting terkait pembelajaran intensif dan tes bahasa yang sudah menggunakan aplikasi, serta adanya fasilitas gedung dan kelas sendiri yang dimiliki Pusat Bahasa UIN Sunan Kalijaga (UINSUKA) Yogyakarta.

“Beberapa hal penting terkait pelayanan Unit Pengembangan Bahasa beserta sarana penunjangnya yang ada pada UPN “Vetaran” Jawa Timur, UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, dan UIN Sunan Kalijaga (UINSUKA) Yogyakarta mungkin bisa dijadikan bahan perbandingan. Intinya kami ingin mendapat informasi-informasi terbaru tentang Unit Pengembangan Bahasa yang nanti bila memungkinkan akan kami terapkan di UPB UIN Antasari Banjarmasin”, jelas Dr. Fatwiah Noor, Lc., M.Pd selaku kepala UPB UIN Antasari Banjarmasin. (Ehn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya

Daurah Tadribiyyah 2022Daurah Tadribiyyah 2022

Unit Pengembangan Bahasa Selenggarakan Daurah Tadribiyyah Bagi Pengajar Bahasa Asing BANJARMSIN – Bertempat di Auditorium Mastur Zahri UIN Antasari Banjarmasin Unit Pengembangan Bahasa (UPB) UIN Antasari Banjarmasin menggelar kegiatan “Daurah Tadribiyyah” bagi pengajar bahasa Arab, Jum’at (22/7/2022). Kegiatan yang diikuti