UPB UIN Antasari Gelar English Lecture

The English Lecture

Unit Pengembangan Bahasa UIN Antasari tidak menyia-nyiakan kesempatan dengan kedatangan pembicara luar Prof Jeffrey T. Kenny dari Fullbright Scholar, DePauw University, USA).

Adalah Jumat, 1 November 2019 Pukul 14.00 – 16.00 Wita bertempat di Aula pusat Sumber Belajar (PSB), UPB menyelenggarakan English Lecture dengan judul: The Strange Case of Secularization in America. Kegiatan ini dihadiri oleh sebagian besar pengajar bahasa Inggris UPB dan hadir pula para mahasiswa unggulan bahasa Inggris tahun 2019. Acara ini dibuka oleh Wakil Rektor 3, Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Hj. Nida Mufida, M. Pd.

Dalam sambutannya, Warek 3 menyampaikan selamat datang di UIN Antasari Banjarmasin kepada prof Jeffrey dan berharap pengajar bahasa Inggris mendapatkan informasi penting tentang skularisasi di Amerika dan Amerika memang negara Sekular. Namun dari tema yang diusung, apa yang dimaksud dengan the strange case, ini yang menarik bagi orang di luar Amerika. Kata Alumni S3 Universitas Negeri Malang ini.

Sementara itu, dalam pemaparannya, Prof Keffrey mengatakan: “Masyarakat Amerika pada dasarnya religious dari akar budaya Kristen. Hal ini terdapat dalam konstitusi/undang-undang. Juga terbukti di mata uang amerika tertulis ‘in God we trust, dan ada dalam pledge of allegiance (semacam ikrar rakyat amerika) . Namun di Amerika tidak ada pelajaran agama si sekolah, tidak tertulis dalam identitas, dan tidak boleh menanyakan agama seseorang. Orang amerika tidak mencampur adukkan latar belakang agama dengan kehidupan politik maupun hak-hak dalam bermasyarakat, dan ada kecenderungan mereka lebih suka menyebut ‘none’/ tdk berafilliasi pada agama tertentu, tapi tidak berarti mereka atheist. Kata Prof yang sedang menjalani penelitian di Indonesia sejak September 2019 hingga Juli 2020 ini.

Acara English Lecture berlangsung dengan meriah dan menarik yang dipandu oleh Thaibatun Nisa, M. Pd yang juga sebagai pengajar bahasa Inggris UPB UIN Antasari. Menurut Ketua pelaksana, Ibu Rahmila Murtiana, kegiatan ini terselenggara atas kerjasama semua pihak terutama para pengelola UPB. Kegiatan ini berakhir pada pukul 15.50 dan ditutup dengan photo bersama. Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi kita semua. Demikian kata alumni S2 Australia ini. (AM96)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Lainnya