Home / Uncategorized / WEBINAR TES KEMAMPUAN BERBAHASA (TOAFL, TOEFL dan UKBI)

WEBINAR TES KEMAMPUAN BERBAHASA (TOAFL, TOEFL dan UKBI)

Anda Mau Menguji Kemampuan Berbahasa?

 

Masih bingung dengan tes-tes kemampuan bahasa Inggris? Ada TOEIC, TOEFL, IELTS atau lainnya. Atau tes bahasa Arab? TOAFL? Bagaimana juga dengan tes kemampuan berbahasa Indonesia sebagai bahasa nasional? Apakah ada?  Dipakai buat apa semua tes kemampuan berbahasa itu?

Semua pertanyaan tersebut telah terjawab melalui kegiatan webinar yang dilaksanakan oleh Unit Pengembangan Bahasa UIN Antasari Banjarmasin pada Hari Rabu, Tanggal 8 September 2021 melalui Zoom meeting. Webinar  ini bertemakan “Tes Kemampuan Berbahasa”

Webinar ini dibuka secara resmi oleh Rektor UIN Antasari Banjarmasin, Prof. Dr. H. Mujiburrahman, MA. Dalam Sambutannya, beliau memberikan apresiasi yang tinggi terhadap pelaksanaan webinar ini. UPB UIN Antasari diharapkan mampu memberikan pengetahuan dan pengayaan materi bahasa asing yang berkualitas dan dapat diterima di semua kalangan.

Sementara itu, Kepala UPB UIN Antasari Banjamasin, Dr. Ahmad Muradi, M.Ag, melaporkan bahwa peserta webinar ini telah mencapai 478 orang yang terdaftar secara online. Peserta berasal dari berbagai kalangan, seperti dari mahasiswa, dosen, dan praktisi pendidikan. Peserta juga berasal dari berbagai provinsi, dari Kalimantan, dan luar Kalimantan.

Materi tes kemampuan berbahasa Inggris (TOEIC, TOEFL, IELTS) disampaikan oleh Made Wahyu Mahendra, M.Pd. Beliau adalah Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa, Denpasar, Bali. Untuk Materi tes kemampuan bahasa Arab (TOAFL), disampaikan oleh Arif Rahman Hakim, M.Pd. Beliau adalah Dosen Bahasa Arab sekaligus Ketua Divisi Pengembangan UPB UIN Antasari Banjarmasin. Untuk Materi tes kemampuan bahasa Indonesia (UKBI), disampaikan oleh M. Luthfi Baihaqi, S.S, M.A. Beliau adalah Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan.

Semua narasumber webinar menyampaikan bahwa tes kemampuan bahasa tersebut merupakan tes yang sudah terstandar. Lebih lanjut ketiga narasumber sepakat bahwa tidak ada yang tidak lulus dalam melakukan tes bahasa tersebut. Setiap orang yang meengikuti tes bisa dipastikan akan memiliki skor masing-masing. Namun demikian, biasanya lembaga pendidikan atau perusahaan tertentu telah mensyaratkan skor nilai tes bahasa dalam nilai yang tertentu untuk memenuhi syarat bekerja atau melanjutkan pendidikan.

Webinar ini  diselenggarakan sebagai respon terhadap banyak pertanyaan terkait tes kemampuan berbahasa. Tes kemampuan berbahasa yang sekarang banyak diminta sebagai  syarat lulus kuliah, kerja, sertifikasi dosen, atau bahkan CPNS.

 

 

Penulis,

Jamal Syarif

https://zoom.us/rec/share/VEdgaSCFMv619ZMNV0Cn-XvpfBeTWiD20LmUxKaolulksnaZkgU-DzBlzu87Rfqw.2eVIPxBTB65d3x3v

 

 

Check Also

Pengumuman Pembagian Kelompok/Rombongan Belajar Pembelajaran Intensif Tahsin Al-qur’an, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris Semester Ganjil Tahun Akademik 2021/2022

Pembagian Group Pembelajaran Tahsin Semester Ganjil TA 2021-2022 Pembagian Group Pembelajaran Bahasa Arab Semester Ganjil …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *