Home / Uncategorized / Seleksi Camaba Indonesia ke Timur Tengah Tahun 2021

Seleksi Camaba Indonesia ke Timur Tengah Tahun 2021

Seleksi Camaba Indonesia ke Timur Tengah Tahun 2021

Mengulang sukses pelaksanaan seleksi Camaba Indonesia ke Timur Tengah tahun 2019, kembali Unit Pengembangan Bahasa (UPB) UIN Antasari dipercaya menjadi panitia lokal pada tahun ini.

Berbeda dengan tahun 2019 bahwa pelaksanaan seleksi Camaba dilaksanakan di kampus UIN Antasari yang meskipun akses soal tertulisnya melalui online. Namun ujian wawancara dilaksanakan secara luring. Maka pada tahun 2021 ini pelaksanaan baik tertulis maupun wawancara dilaksanakan secara daring.

Selain UPB UIN Antasari yang juga menjadi panitia lokal dari berbagai PTKIN sebanyak 14 Pusat Pengembangan Bahasa. Menurut tim verifikasi, calon peserta yang memilih UIN Antasari sebagai tempat seleksi sebanyak 285 orang. Namun setelah diverifikasi yang dinyatakan lulus menjadi peserta seleksi sebanyak 212 orang, demikian kata Abdussamad Nur.

Dari aspek persiapan, menurut Dr. Ahmad Muradi, M. Ag. Selaku Kepala UPB UIN Antasari yang juga sebagai ketua pelaksana bahwa persiapan pelaksanaan seleksi tersebut memakan waktu satu bulan. Sebab untuk pelaksanaan berskala nasional ini memerlukan koordinasi dari berbagai pihak misalnya Rektorat, UTIPD dan lainnya. Seleksi yang dilakukan secara daring ini memerlukan koneksi internet dan aplikasi Zoom meeting sehingga memerlukan tim teknis khusus, maka dibentuklah tim teknis dari pihak UTIPD.

Seleksi ini dilakukan dua tahap yaitu tahap tes tertulis dengan menggunakan CBT dan tahap lisan/wawancara dengan menggunakan zoom meeting. Tahap 1 tersebut dilaksanakan pada 28 dan 29 Mei 2021 dan Tahap 2 dilaksanakan pada 4 Mei 2021.

Info dari sekretariat bahwa pelaksanaan tahap 1 dari 212 peserta tersebut dibagi dalam 10 kelas yang masing-masing kelas berisi 21-22 orang. Dan masing-masing kelas diawasi oleh 1 orang pengawas. Semua peserta dan pengawas masuk dalam link zoom dan pengawasan dilakukan secara langsung melalui zoom di mana peserta wajib menghidupkan video zoomnya. Demikian kata Roly Hairudin selaku tim verifikasi dan sekretariat.

Dari tahap 1 yang dinyatakan lulus sebanyak 64 orang dengan nilai passing grade paling rendah 55. Kemudian mereka yang lulus ini mengikuti tes wawancara/lisan yang dibagi ke dalam empat ruang. Para peserta wajib mengikuti tes wawancara dengan mata uji hafalan al-Qur’an minimal 2 juz, qiraat kutub dan wawasan keagamaan dan kebangsaan.  Pada pelaksanaan tahap 2 ini dinyatakan oleh diktis Kemenag bahwa 64 orang peserta dari UIN Antasari dinyatakan lulus semua pada jalur non-beasiswa.

Pelaksanaan seleksi Camaba Indonesia ke Timur Tengah tahun 2021 ini bisa dibilang sukses meski harus terus dievaluasi agar ke depannya seleksi serupa dapat dilaksanakan dengan baik. Demikian harapan yang disampaikan Ketua pelaksana, Dr. Ahmad Muradi, M. Ag. Sekaligus beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terkait terutama pihak Pimpinan Kampus UIN Antasari atas semua dukungan sehingga seleksi berjalan dengan baik. Beliau juga menyampaikan selamat kepada peserta yang lulus semoga lancar dalam proses selanjutnya sementara bagi yang belum lulus agar berbesar hati dan segera menyiapkan diri untuk kesempatan seleksi berikutnya. (AM96)

Check Also

TEKNIS PENDAFTARAN TAHSIN AL-QUR’AN, BAHASA ARAB DAN BAHASA INGGRIS BAGI MAHASISWA BARU (JALUR SPAN DAN UM-PTKIN) TAHUN AKADEMIK 2021/2022

Kepada Yth.,                  Seluruh Mahasiswa (i) Calon Peserta Pembelajaran Tahsin al-Qur’an, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *