Home / Uncategorized / DIALOG DARING UNIT PENGEMBANGAN BAHASA TAHUN 2021

DIALOG DARING UNIT PENGEMBANGAN BAHASA TAHUN 2021

BELAJAR BAHASA ASING SECARA MANDIRI, KREATIF, DAN MENYENANGKAN

                Enam narasumber Dialog Daring telah menyampaikan pengalaman mengikuti program ke luar negeri. Pengalaman mereka disampaikan dalam acara Dialog Daring Unit Pengembangan Bahasa (UPB) UIN Antasari Banjarmasin. Dialog Daring ini merupakan kegiatan akademik pertama di awal tahun 2021 yang dilaksanakan oleh UPB.

                Tepatnya tanggal 28 Januari 2021, mulai pukul 09.00-12.00 WITA Dialog Daring dengan tema: Belajar Bahasa Asing Secara Mandiri, Kreatif, dan Menyenangkan berjalan dengan lancar dan sesuai harapan. Sesuai dengan temanya, dialog ini telah memberikan informasi bagaimana belajar bahasa asing secara mandiri, kreatif, dan menyenangkan.

                Pengalaman belajar secara mandiri, kreatif, dan menyenangkan digali dari enam narasumber yang terdiri dari empat orang yang sudah alumni UIN Antasari dan dua orang yang masih kuliah di universitas yang sama. Pengalaman mereka yang telah mengikuti program ke luar negeri ini pun menjadi topik utama dalam dialog daring ini.

Enam narasumber itu adalah M. Fitri Yandhi Pratama, S.Pd. yang telah mendapatkan beasiswa penuh dari KEMENPORA RI dan KEMENLU Australia melalui program Australia Indonesia Youth Exchange Program (AIYEP) 2015/2016; Khairunnisa, S.Pd. yang telah menjadi bagian dari Delegasi Student Mobility Program 2015 – Beasiswa Kemenag RI di Perth, Western Australia (University of Western Australia & Curtin University); Miftah Al Farhan, S.Pd. yang telah mengikuti program JENESYS (Japan-East Asia Network of Exchange for Students and Youths) Tahun 2018 dan Program Pengabdian Masyarakat (PPM) Internasional di Malaysia Tahun 2018; Ni’matun Najah S.Pd. dan Ratna Mardiana yang telah menjadi peserta Internasional Arabic teacher Program di Selangor, Malaysia dan di Narathiwat, Thailand; serta Muhammad Zidan Jurdianor yang telah menjadi bagian darin Delegasi PPM Hikmah Sarawak, Malaysia.

                Dialog Daring yang dipandu oleh dua orang moderator yakni Thaibatun Nisa, M.Pd, dan Dr. Fatwiah Noor, M.Pd. ini berlangsung secara santai dan diikuti oleh tidak kurang dari 300 peserta melalui Zoom dan siaran langsung YouTube; dan sudah ditonton lebih dari 2000 orang dalam kurun waktu 3 jam.

                Acara ini dibuka oleh Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Dr. Hj. Nida Mufidah, M.Pd. Sebelum membuka acara, beliau menyampaikan bahwa UIN Antasari telah berhasil mengirim puluhan mahasiswa ke beberapa program ke luar negeri, sebagian di antaranya adalah mereka yang menjadi narasumber dialog daring ini.

                Lebih lanjut, beliau mengharapkan agar para mahasiswa terus meningkatkan kemampuan berbahasa asing baik melalui pembelajaran intensif di UPB UIN Antasari Banjarmasin, maupun belajar secara mandiri, krearif, dan menyenangkan melalui bacaan novel dan menonton film berbahasa asing.

                Para narasumber telah memberikan beberapa tip dan trik untuk dapat meningkatkan kemampuan berbahasa asing dengan lebih menyenangkan sehingga sampai ke titik sekarang ini. Disadari mereka bahwa kemampuan berbahasa asing tidak diperoleh secara instan. Usaha yang tekun dan terus konsisten, serta terus bertanya dan fokus pada tujuan serta percaya pada pilihan sendiri, menjadi kunci keberhasilan mereka. Semua usaha itu tentu saja harus diliputi oleh attitude atau karakter yang baik sebagai mahasiswa muslim dan insan Indonesia yang berbudaya. (Lebih rinci penjelasan mereka dapat dilihat dalam https://youtu.be/ZKN7p6-nTlI ).

                Dr. Ahmad Muradi, M.Ag sebagai Kepala UPB, dan sebagai penyelenggara kegiatan ini mengharapkan agar dialog ini dapat menginsprirasi para mahasiswa UIN Antasari. Di sisi lain beliau mengharapkan agar mahasiswa dapat mengikuti jejak para narasumber untuk terus meningkatkan kemampuan berbahasa asing secara mandiri, kreatif, dan menyenangkan sesuai dengan passion masing-masing.  Lebih lanjut UPB mengucapkan terima kasih kepada UTIPD UIN Antasari dan semua pihak yang mendukung terselenggaranya acara ini. #

Penulis, Jamal Syarif

Check Also

Pengumuman Pembagian Kelompok/Rombongan Belajar Pembelajaran Intensif Tahsin Al-qur’an, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris Semester Ganjil Tahun Akademik 2021/2022

Pembagian Group Pembelajaran Tahsin Semester Ganjil TA 2021-2022 Pembagian Group Pembelajaran Bahasa Arab Semester Ganjil …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *