Home / Uncategorized / BERPRESTASI MELALUI PEMBELAJARAN INTENSIF PADA UPB

BERPRESTASI MELALUI PEMBELAJARAN INTENSIF PADA UPB

Sesuai dengan jadwal yaitu pada Kamis, 9 September 2021, pembukaan perkuliahan UPB tahun 2021 dapat terlaksana dengan baik.

Dalam kesempatan tersebut hadir Wakil Rektor I bidang Kurikulum dan Kelembagaan bapak Dr. H. Hamdan, M. Pd. Mewakili Rektor. Juga hadir para tutor Tahsin, bahasa Arab dan Inggris serta para mahasiswa baru dan lama peserta pembelajaran di UPB tahun 2021.

Perhelatan pembukaan perkuliahan tersebut dilakukan secara daring melalui link zoom dan youtube. Sebagaimana informasi dari bapak Jamal Syarif selaku Kasi. Pelatihan dan Koordinator BIPA bahwa peserta kegiatan ini lebih dari seribu orang, karena itu bagi yang tidak bisa mengikutinya via zoom dapat mengikuti kegiatan tersebut melalui youtube.

Benar saja, menurut pemantauan bahwa yang masuk ke link Zoom mencapai seribu orang dan peserta yang hadir pada tautan youtube lebih dari 360 orang.

Kepala UPB, bapak Dr. Ahmad Muradi, M. Ag mengatakan dalam laporannya bahwa Kegiatan ini diberi nama dengan: Program Pembelajaran Intensif Tahsin Alquran, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris untuk Mahasiswa UIN Antasari tahun 2021. Peserta yang terdaftar untuk semua program lebih dari 2600an mahasiswa. Adapun jumlah kelas/group masing-masing program adalah 30 group untuk tahsin, 91 group untuk bahasa Arab, dan 118 group untuk bahasa Inggris.

Tanggal-tanggal penting agenda ini adalah 13 september 2021 pengumuman daftar group kelas tahsin, bahasa Arab dan Inggris (https://ppb.uin-antasari.ac.id/?p=2104), 15 September 2021 dimulainya pembelajaran bagi kelas tahsin dan bahasa Arab sedangkan 16 September 2021 dimulainya pembelajaran bagi kelas bahasa Inggris. Semua program dilaksanakan sebanyak 40x pertemuan yang berakhir pada 22 Desember 2021, pungkas Alumnus Doktor Pendidikan Bahasa Arab UIN Maliki Malang ini.

Wakil Rektor I  dalam sambutan, beliau mengatakan bahwa program yang dilaksanakan oleh UPB adalah program kampus yang harus diikuti dan lulus bagi mahasiswa UIN Antasari. Karenanya program ini penting untuk diikuti oleh mahasiswa. Sebab Program ini termasuk dalam kurikulum kampus dan nilainya terekam dalam SIAKAD.

Kampus UIN Antasari sebagai kampus yang visinya adalah Unggul dan Berakhlak tentu berorientasi bahwa bahasa asing (Arab dan Inggris) menjadi sarana yang tepat bagi mahasiswa dalam meraih prestasi baik tingkat lokal maupun global. Demikian kata bapak Dr. H. Hamdan, M. Pd.

Di akhir sambutan, bapa Wakil Rektor I ini berpesan kepada mahasiswa agar bersungguh-sungguh dalam mengikuti pembelajaran ini sehingga dapat memperoleh pengalaman dan peningkatan pemahiran baca Al-Qur’an, bahasa Arab dan bahasa Inggris.

Suskesnya penyelenggaraan pembukaan perkuliahan program Tahsin dan bahasa asing UPB ini tidak lepas dari koordinasi yang baik yang ditangani oleh bapak Jamal syarif dan kawan-kawan personalia UPB. Kegiatan ini menjadi menarik dari meriah karena menggunakan tiga bahasa (Arab, Inggris dan Indonesia) dipandu oleh dua orang mahasiswa peserta kelas Unggulan Bahasa Arab UPB 2021 yaitu Heri Hermawan dan peserta kelas unggulan bahasa Inggris UPB 2021 yaitu Tara Amalia serta satu orang personalia UPB yaitu bapak Abdussamad Nur, M. Pd. Serta tidak kalah menarik, dalam acara pembukaan ini dimeriahkan dengan penampilan mahasiswa Unggulan bahasa Asing UPB 2021 dengan menampilkan takallum/speaking arabic and english juga menampilkan artikel kitabah/writing mereka.

Setelah acara pembukaan dilaksanakan dilanjutkan dengan tanya jawab antara kepala UPB dan para mahasiswa. Sementara pada tautan zoom yang berbeda dilaksanakan orientasi pembelajaran tahsin, bahasa Arab dan Inggris. Orientasi ini dipimpin oleh masing-masing bidang yaitu ibu Dr. Fawiah Noor, M. Pd, bapak Abdussamad Nur, M. Pd., dan Ibu Thaibatun Nisa, M. Pd.

Semoga pembelajaran intensif ini berjalan dengan baik dan memperoleh hasil yang maksimal. Demikian harapan dari semua sivitas akademika UIN Antasari Banjarmasin. Amin. (AM96)

Check Also

Pengumuman Pembagian Kelompok/Rombongan Belajar Pembelajaran Intensif Tahsin Al-qur’an, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris Semester Ganjil Tahun Akademik 2021/2022

Pembagian Group Pembelajaran Tahsin Semester Ganjil TA 2021-2022 Pembagian Group Pembelajaran Bahasa Arab Semester Ganjil …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *